Penyuluhan Hukum Pertanahan Kecamatan Sebulu Penyuluhan Hukum Pertanahan Kecamatan Sebulu
07/09/2020 07:19 WITA


(Foto: RF)

Penyuluhan Hukum Pertanahan se Kecamatan Sebulu diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 5 Agustus 2020, yang dihadiri oleh tokoh masyarakat masing-masing Kelurahan se Kecamatan Sebulu serta Aparatur/ASN Desa Sekecamatan Sebulu.

Acara yang bertempat di Kecamatan Sebulu ini dihadiri kurang lebih 50 peserta. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Pertanahan, Pemateri disampaikan oleh Tim Pertaru Kukar, berisi tentang Kewenangan Pemerintah Daerah dalam Urusan pertanahan. Kemudian disampaikan pula tentang Prosedur pemberdayaan hak tanah masyarakat. Pemberdayaan Hak Tanah Masyarakat adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara memberikan kesempatan terhadap tanah yang telah dilegalisasi untuk memperoleh akses ke sumber-sumber ekonomi.

Disampaikan Juga tentang Pendaftaran Hak Atas Tanah. Prosedur pendaftaran tanah pertama kali terhadap tanah hak milik adat adalah Konversi apabila atas hak maupun bukti-bukti kepemilikan tanah lengkap; penegasan hak apabila atas hak maupun bukti-bukti kepemilikan tanah tidak lengkap. prosedur pendaftaran tanah pertama kali terhadap tanah negara yaitu dengan cara permohonan hak atas tanah yang diatur dalam Peraturan Menteri negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 9 tahun 1999. (RF)


(Foto: RF)


Ruang Koordinasi Tata Ruang

Ruang Koordinasi Tata Ruang



Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang Kabupaten Kutai Kartanegara
Jalan Muso Bin Salim No. 22, Tenggarong 75512, Kutai Kartanegara
Kalimantan Timur - INDONESIA

Telp: (+62.541) 661122
Fax: (+62.541)

E-mail: dppr@mail.kukarkab.go.id


Copyright © 2019 Pertaru Kukar