Rapat Koordinasi dan Diskusi Virtual bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Informasi Geospasial (BIG) tentang Proses Kompilasi Informasi Geospasial Tematik (IGT) Izin Lokasi Dan Izin Usaha Perkebunan Sawit Provinsi Kalimantan Timur Rapat Koordinasi dan Diskusi Virtual bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Informasi Geospasial (BIG) tentang Proses Kompilasi Informasi Geospasial Tematik (IGT) Izin Lokasi Dan Izin Usaha Perkebunan Sawit Provinsi Kalimantan Timur
05/08/2020 09:53 WITA


Rakor dan Diskusi Virtual bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI (Foto: ahn)

Pada hari Rabu, 15 Juli 2020 Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang menghadiri Rapat Koordinasi dan diskusi virtual bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Informasi Geospasial (BIG) tentang proses Kompilasi Informasi Geospasial Tematik (IGT) Izin Lokasi dan Izin Usaha Perkebunan Kelapa Sawit Provinsi Kalimantan Timur di ruang rapat Kartenagara Lt. II Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kegiatan yang merupakan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (STRANAS-PK) ini bertujuan memberikan penjelasan progress percepetan pelaksanaan kebijakan satu peta sebagai implementasi dari Peraturan Presiden RI nomor 9 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta pada Skala 1 : 50.000. Kegiatan inti dari Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta Skala 1:50.000 memiliki 4 tahap:
1.Melakukan kompilasi atas IGT yang telah tersedia saat ini dari seluruh level Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah., 2. Pengintegrasian IGT melalui proses koreksi dan verifikasi IGT atas Informasi Geospasial Dasar (IGD) menjadi satu referensi dan satu standar., 3. Perwujudan IG yang belum tersedia, serta sinkronisasi dan penyelarasan dengan antar IGT., 4. Penyusunan rekomendasi dan fasilitasi penyelesaian permasalahan mengenai IGT untuk bermuara pada satu basis data dalam satu geoportal.

Sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui OPD Teknis termasuk Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang terus melakukan koordinasi dan sinkronisasi agar progress percepatan pelaksanaan kebijakan satu peta ini bisa rampung sesuai target yang telah ditentukan untuk selanjutnya menjadi Geoportal Kebijakan Satu Peta yang berisikan data dan hasil kompilasi dan integrasi untuk wilayah seluruh Indonesia serta menjadi acuan seluruh lembaga atau masyarakat yang membutuhkan Satu Peta Indonesia.
(ahn)


(Foto: ahn)


Ruang Koordinasi Tata Ruang

Ruang Koordinasi Tata Ruang



Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang Kabupaten Kutai Kartanegara
Jalan Muso Bin Salim No. 22, Tenggarong 75512, Kutai Kartanegara
Kalimantan Timur - INDONESIA

Telp: (+62.541) 661122
Fax: (+62.541)

E-mail: dppr@mail.kukarkab.go.id


Copyright © 2019 Pertaru Kukar