KUNJUNGAN KERJA BERSAMA BUPATI KUTAI KARTANEGARA DALAM RANGKA PENANAMAN PERDANA JAGUNG KELOMPOK TANI KARYA MANDIRI DESA GUNUNG SARI KECAMATAN TABANG, SILATURAHMI DAN KEGIATAN PENINGKATAN KEMAMPUAN LEMBAGA TANI DAN NELAYAN KUNJUNGAN KERJA BERSAMA BUPATI KUTAI KARTANEGARA DALAM RANGKA PENANAMAN PERDANA JAGUNG KELOMPOK TANI KARYA MANDIRI DESA GUNUNG SARI KECAMATAN TABANG, SILATURAHMI DAN KEGIATAN PENINGKATAN KEMAMPUAN LEMBAGA TANI DAN NELAYAN
02/12/2019 12:26 WITA


Bupati Kutai Kartanegara dan rombongan melakukan penanaman jagung perdana di Desa Gunung Sari Kecamatan Tabang, 17 November 2019 (Foto: ahn)

Kepala Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang Kabupaten Kutai Kartanegara pada hari Minggu tanggal 17 November 2019 melakukan Kunjungan kerja bersama Bupati Kutai Kartanegara dalam rangka penanaman perdana jagung Kelompok Tani Karya Mandiri Desa Gunung Sari Kecamatan Tabang, silaturahmi dan kegiatan peningkatan kemampuan lembaga tani dan nelayan.
Bupati dan rombongan melakukan penanaman perdana jagung di lahan perbatasan Desa Gunung Sari Kecamatan Tabang dan Long Beleh Modang Kecamatan Kembang Janggut, kemudian dilanjutkan dengan silaturahmi dan kegiatan peningkatan kemampuan lembaga Tani dan Nelayan.
Dalam sambutannya Bupati Kutai Kartanegara, Drs. H. Edi Damanysah menyampaikan komitmen mewujudkan kedaulatan pangan dalam era perubahan iklim, pemerintah telah menetapkan upaya melalui tiga hal, pertama dukungan ketersediaan infrastruktur, prasarana dan sarana pertanian yang memadai sehingga petani dapat mengoptimalkan sumberdaya yang dimilikinya terutama ketersediaan air irigasi. Kedua, mengembangkan dan menyebarkan teknologi, terutama penyebaran benih unggul yang adaptif dengan perubahan iklim serta mengembangkan mekanisasi pertanian. Ketiga, melindungi kesejahteraan petani dari perdagangan yang tidak adil dan merugikan petani.
Untuk meningkatkan produksi pangan upaya khusus yang harus dilakukan adalah: (1) perbaikan irigasi; (2) menjamin ketersediaan benih unggul bersertifikat; (3) ketersediaan dan distribusi pupuk yang tepat waktu; (4) Dukungan ketersediaan alat dan mesin pertanian; dan (5) pendampingan yang intensif oleh penyuluh bersama Babinsa, Dosen, Mahasiswa, KTNA, penyuluh swadaya dan lainnya. "Berbagai upaya ini telah dapat kita lihat hasilnya di lapangan", ujarnya.
Setelah melakukan diskusi dengan Kelompok Tani Bupati dan rombongan langsung menuju dan meninjau lokasi kebun masyarakat yang terindikasi masuk dalam Kawasan Hutan.
Setelah peninjauan lokasi Bupati dan rombongan menyaksikan Final turnamen Sepakbola Gunung Sari cup tahun 2019, kemudian melakukan perjalanan kembali ke Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara.
(ahn)



Ruang Koordinasi Tata Ruang

Ruang Koordinasi Tata Ruang



Copyright © 2019 Pertaru Kukar