Sosialisasi Pengadaan Lahan/ Pengembangan Fasilitas Umum Situs Noto Igomo Pada Program Pengelolaan Keragaman Budaya Sosialisasi Pengadaan Lahan/ Pengembangan Fasilitas Umum Situs Noto Igomo Pada Program Pengelolaan Keragaman Budaya
16/09/2019 08:05 WITA


(Kiri) Kasi Pengadaan Lahan dan Plt. Kasi Penyuluhan Pertanahan bersama PPTK pengadaan Lahan

Tenggarong- Kamis, 12 September 2019 Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang yang di wakili oleh Plt. Kasi Penyuluhan Pertanahan bersama Kasi Fasilitasi Pengadaan Tanah menghadiri undangan Sosialisasi Pengadaan Lahan/Pengembangan Fasilitas Umum situs Noto Igomo pada Program Pengelolaan Keragaman Budaya. Acara yang diselenggarakan di Gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kutai Kartanegara.
Dihadiri oleh Pemerintah Kecamatan, Kelurahan, Ketua RT setempat dan juga pemilik lahan, acara tersebut membahas tahapan pengadaan tanah skala kecil sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Situs Noti Igomo merupakan Arkeologi Makam Tokoh Agama di Tenggarong Kutai Kartanegara yang berlokasi di komplek makam kelambu kuning gunung Gandek, Jalan Sultan Aji Muhammad Alimuddin Kelurahan Melayu Kecamatan Tenggarong.

Acara tersebut juga di hadiri oleh pemilik lahan, ketua RT setempat, pemerintah Kecamatan dan juga kelurahan, acara tersebut membahas tahapan pengadaan tanah skala kecil sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam acara tersebut Idil Adha selaku Plt. Kasi Penyuluhan Pertanahan mengatakan "di harapkan pelaksanaan pengadaan tanah ini walaupun kebutuhan lahan dibawah 5 Ha/ skala kecil tetap didalam koridor peraturan pengadaan tanah, bahwa tahapan belanja pengadaan tanah yang terhimpun menjadi dokumen pengadaan tanah menjadi dokumen seumur hidup berbeda dengan dokumen dokumen lainnya yang mempunyai masa tenggang waktu. Untuk itu pihak PPTK memperhatikan betul waktu dan administrasi bukan saja pemilik lahan tetapi kesusaian SPJ menjadi pintu masuk permasalahan bila dikemudian hari dipermasalahkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan bukan pada lahannya tetapi pada pekerjaan fisik yang akan dilakukan tahap selanjutnya".

Dalam kesempatan yang sama, disampaikan pula bahwa segala bentuk permasalahan ataupun sengketa tanah seperti tumpang tindih administrasi kepemilikan harus tetap mengacu pada ketentuan yang berlaku yaitu Perbub Nomor 36 Tahun 2013 tentang SKPT.
(alp)


Peserta Sosialisasi


Ruang Koordinasi Tata Ruang

Ruang Koordinasi Tata Ruang



Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang Kabupaten Kutai Kartanegara
Jalan Muso Bin Salim No. 22, Tenggarong 75512, Kutai Kartanegara
Kalimantan Timur - INDONESIA

Telp: (+62.541) 661122
Fax: (+62.541)

E-mail: dppr@mail.kukarkab.go.id


Copyright © 2019 Pertaru Kukar