413 Bidang Tanah Milik Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Disertipikatkan 413 Bidang Tanah Milik Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Disertipikatkan
04/07/2019 08:27 WITA


Pulau Kumala Tenggarong, salah satu asset daerah yang akan disertipikatkan. (Foto: ahn)

Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2019 melaksanakan kegiatan sertipikasi tanah aset pemerintah. Sertipikasi ini dilaksanakan di 16 Kecamatan wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara yang didukung oleh Anggaran Pemerintah Daerah sebesar Rp. 4.103.215.440,-.

Sertipikasi ini bertujuan untuk penertiban dan penataan aset daerah serta menindaklanjuti hasil temuan BPK RI. Dalam rangka menuntaskan kegiatan sertipikasi ini, maka Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang dituangkan dalam Surat Kesepakatan Kerja Nomor : 021/074/BID.IV/I/2019 tanggal 07 Januari 2019.

Proses sertipikasi ini dilaksanakan melalui tahapan - tahapan sebagai berikut :
1. Identifikasi lahan
2. Pemasangan Patok Batas
3. Pengukuran bersama BPN

Hingga saat ini 204 bidang yang telah dilakukan identifikasi lahan dari target 413 lokasi dan telah dilakukan pengukuran bersama pihak BPN sejumlah 150 bidang.
Selanjutnya pihak BPN akan menerbitkan peta bidang setelah Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Kemudian dilanjutkan dengan Tim Peneliti Tanah BPN hingga penerbitan sertipikat. Ucapan terima kasih karena pelaksanaan kegiatan ini didukung oleh Bupati dan Sekda Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kepala Seksi Penguatan Hak Atas Tanah Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang Kabupaten Kutai Kartanegara, Yovita Dwi Andhini, SH selaku PPTK Kegiatan Setipikasi Tanah Aset mengatakan Kami sudah membentuk Tim pelaksana lapangan untuk memperlancar kegiatan ini. Kami juga berkoordinasi dengan pihak Kantor Pertanahan / Agraria dan Tata Ruang (BPN) Kutai Kartanegara. Kami berharap Instansi-instansi Pemerintah yang tanahnya akan disertipikat dapat mendukung persediaan data dan menunjukkan lokasi kepada Tim yang ada dilapangan, dan juga berharap pelaksanaan kegiatan ini berjalan lancar tepat waktu, dan terjalin kerjasama yang baik dengan pihak Kantor Pertanahan (BPN/ATR) Kabupaten Kutai Kartanegara. (ahn)



Ruang Koordinasi Tata Ruang

Ruang Koordinasi Tata Ruang



Copyright © 2019 Pertaru Kukar